X
Menu

  CALL / WA 0812 9087 7291
X

Cara mengatur keuangan pribadi

Apa yang kamu rasakan ketika memasuki akhir bulan atau tanggal tua ?
Sepertinya banyak diantara kalian yang masih sulit mengatur keuangan sendiri, dari mulai yang suka jajan, shoping, dan sebagainya… Pernahkah kamu merasa heran, karena tidak terasa uang gajian kamu makin hari makin menipis bahkan habis, dan akhirnya kamu hanya bisa menyesal saat uang hasil keringat kamu habis untuk hal-hal yang kurang penting. Tidak sedikit pula yang dalam hatinya bertanya-tanya seperti ini :
-Kok baru tanggal segini duit gw udah tinggal segini aja ???
-Perasaan baru kemarin terima gaji, tapi sekarang udah hampir habis aja ni duit ??
-Kemarin2 saya beli apa aja ya, ga berasa tiba2 uang tinggal nafas terakhir ???
dan banyak juga yang frustasi dan akhirnya memilih jalan lain seperti GALI LOBANG TUTUP LOBANG.
Dulu saya juga seperti itu, tetapi setelah pusing 7keliling akhirnya saya menemukan cara sendiri
untuk mengatur keuangan pribadi saya dan akhirnya cara ini terus saya kembangkan, untuk itu kali ini saya mau berbagi kepada kamu bagaimana cara saya mengatur keuangan saya pribadi.
apa kamu sudah siap ???

oke perhatikan baik2 cara saya dibawah ini :

1. Pahami Kebutuhan dan Keinginan
Kamu harus bisa membedakan mana yang merupakan kebutuhan hidup kamu dan keinginan kamu, kamu juga harus mengutamakan Kebutuhan daripada keinginan.
Contoh Kebutuhan : Makan,Minum,Transport,dan kewajiban lainnya.
Contoh Keinginan : Ingin Punya HP, Laptop, dsb yg bersangkutan dengan kesenangan kamu.
2. Buat 2 Rekening Bank
Kamu wajib memiliki 2 Rekening dan berbeda bank, bank A untuk transaksi/terima gaji, bank B untuk menabung, untuk bank B pilih bank yang mesin ATM nya jarang dan tidak mengenakan biaya administrasi tiap bulannya atau lebih bagus lagi bank B itu berjenis investasi seperti Reksadana.Kartu ATM bank B harus disimpan di tempat yang tersembunyi yang tidak mudah terlihat oleh mata kita, atau patahkan saja sekalian biar tangan nggak gatel gesek.. nantinya setiap bulan habis gajian kamu wajib menyisihkan beberapa untuk disetorkan ke bank B ini.
3. Buat Anggaran Bulanan
Sebulan sekali setiap habis terima gaji kamu harus bisa meluangkan sedikit waktu untuk menyusun anggaran bulanan kamu. Dahulukan mencatat anggaran untuk hal yang paling penting atau kebutuhan pokok kamu untuk sebulan kedepan.
Contoh :
Gaji = Rp.1.700.000,-
Bensin/Transport = Rp.6000,- X 26 hari kerja = Rp. 156.000,-
Makan 2x sehari = 15rb x 30 hari =450rb
(makan di warteg aja, murah dan sehat)
Bayar sewa kost : 400rbTotal kebutuhan pokok kamu = Rp. 1.006.000,-

Rp.1.006.000,- ini segera kamu tarik dari ATM, nantinya uang ini saya bahas di cara nomor 4.
Selanjutnya Masih sisa 694rb kan !! Sekarang 694rb di bagi dua 50:50 hasilnya 347rb.
Lalu 347rb yg pertama harus segera di transfer/setor ke bank B untuk ditabung.
Sekarang uang kamu di ATM bank A tersisa 347rb lg dan biarkan uang yg terakhir ini menetap di bank A, anggap aja uang jaga-jaga untuk keperluan mendadak, tp ingat kamu harus bijak dalam menggunakannya.

4. Strategy Of Amplop
KAmu harus siapkan 32 lembar amplop yang kecil saja, nantinya amplop2 itu kamu tulis dengan angka 1-31 sebagai tanggal dan 1 amplop lagi kamu tuliskan “AMPLOP SISA” (atau bebas nama) yg jelas gunanya amplop sisa ini untuk menampung uang yang tersisa setiap harinya dan uang yg terkumpul dalam amplop sisa ini boleh kamu gunakan kapanpun kamu mau, misalnya untuk hiburan,jajan,beli pulsa,rokok dll.
Lanjuuuuutt !! Sekarang uang pokok yg Rp.1.006.000,- tadi kamu pecah menjadi recehan sribu,2rb hingga 10rb-an bisa tukar dengan tukang parkir/tukar dibank dan recehan ini akan menempati semua amplop.Perhitungannya begini :
Transportasi = 6.000
Konsumsi = 15.000
Total biaya per-hari = 21.000

Nah tiap amplop 1-30 di isi dengan uang 21rb
, kecuali setiap hari libur jangan mengikut sertakan uang transportasi, disini kita asumsikan libur 4 hari dalam bulan ini, berarti 4 amplop libur itu hanya berisi uang konsumsi saja 15rb.

Hitungan selanjutnya untuk mengisi amplop:

21.000 x 26 amplop hari kerja = 546rb
15.000 x 4 amplop hari libur = 60rb
Sewa kost 1 bln = 400rb

Total semuanya = Rp. 1.006.000,- = modal semula.
Nah jadi pass kan hitungan saya !!!

Sekarang kamu pikirin deh, gimana uang harian 21rb tadi bisa tersisa sribu/2rb untuk mengisi
amplop sisa.

5. Tingkatkan Penghasilan
Bagaimanapun kamu tidak bisa terus2an menekan pengeluaran kalian, tanpa kalian sadari dan kalian pasti tau dong kalau kebutuhan hidup ini kian lama kian meningkat, semua harga kebutuhan pokok terus merambat naik, jika kalian tetap sibuk mengurusi cara menekan pengeluaran sedangkan penghasilan tetap segitu-segitu aja, ya percuma aja, pasti bakalan jebol juga percaya deh. Jadi kamu juga harus memikirkan dan mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari kerja sampingan yang tidak memakan banyak waktu, sementara kerja utama kalian tetap berjalan normal, kamu bisa bekerjasama dengan istri,orang tua, atau teman yang dapat dipercaya, misalnya modalin istri kalian untuk membantu menyari penghasilan tambahan seperti berjualan gorengan,nasi uduk,pulsa, dan masih banyak lagi, silahkan cari cara dan kembangkan …
6. Bersodaqoh dan Berdo”a
Nah yang terakhir ini juga nggak kalah pentingnya nih, dengan beramal pintu Rejeki kamu akan selalu terbuka.. untuk hal ini pastinya kalian sudah paham kan ? kalau belum paham cara yg ke-6 ini cari di google aja ya, karena saya ga berani bicara banyak tentang agama, tar disangka ustad hehehe …
Nah untuk menjalankan metode pengaturan keuangan ini, hanya ada satu kunci agar kamu bisa sukses, kuncinya adalah “ DISIPLIN ” terus coba, coba terus, dan kembangkan …
Oke deh, cukup sekian dulu ya coretan dari saya, semoga coretan ini berguna untuk para pembaca blog ini, oh iya jangan lupa, like fanspage blog saya ya 🙂 hehe casino spiele makasih ..
SALAM SUKSES …..
Nah untuk menjalankan metode pengaturan keuangan ini, hanya ada satu kunci agar kamu bisa sukses, kuncinya adalah “ DISIPLIN ” terus coba, coba terus, dan kembangkan …
Oke deh, cukup sekian dulu ya coretan dari saya, semoga coretan ini berguna untuk para pembaca blog ini, oh iya jangan lupa, like fanspage blog saya ya 🙂 hehe makasih ..

 

Administrator

Konsultan hukum, notaris, pengacara, jasa pendirian usaha , jasa pengurusan perizinan 

You Might Also Liked

Pendirian PT DI Pasar Minggu JAKARTA SELATAN Pendirian PT DI Kebayoran lama JAKARTA SELATAN Pendirian PT DI Johar baru JAKARTA PUSAT Pembuatan PT DI Serang 2018 Pembuatan PT DI Bekasi 2018 Pembuatan PT DI Tangerang 2018 Pembuatan PT DI Bogor 2018 Pembuatan PT DI Jakarta 2018

KATEGORI