X
Menu

  CALL / WA 0812 9087 7291
X

Mengambil Pelajaran Penting Dari sebuah Kegagalan

kegagalan adalah hal yang biasa terjadi pada setiap pengusaha. maka dari itu kenali dan pelajari sebab mengapa anda mengalami kegagalan.

1. Belajarlah untuk melakukan validasi ide produk dengan pelanggan

Pastikan ide produk anda menjadi kebutuhan utama pelanggan , Bagaimana mungkin produk Anda akan laku, jika tak seorang pun membutuhkan produk Anda.

2. Memahami pentingnya pendiri, mitra, dan anggota tim.
manusia adalah makhluk sosial . manusia akan selalu berhubungan antara satu dengan yang lainnya. bangunlah tim yang solid , yang mempunyai visi yang sama dengan anda . bangunlah relasi dengan siapapun karena relasi adalah pintu gerbang kesuksesan bisnis anda.

3. Berusaha untuk menjadi lebih agresif.
Kesulitan pengusaha pemula adalah belajar membiasakan dirinya menjadi agresif, memang beberapa konsumen dll, akan sangat tidak nyaman berhadapan dengan orang yang agresif seperti salesman/girl dll. Tapi anda harus tahu bahwa untuk bisa berhasil sikap agresif dalam menjalankan bisnis anda sangatlah berperan penting karena itu akan menjadi pendorong keberhasilan bisnis anda.

4. Mempunyai visi jangka panjang
seorang pengusaha haruslah mempunyai visi jangka panjang & memegang kuat visi mereka hingga sebelum memulai bisnis berikutnya . komitmen pada visi jangka panjang merupakan salah satu cara menuju pengusaha sukses.

5. Membuat produk yang unik
Berhati-hatilah, jika Anda memutuskan untuk menyalin startup orang lain. Startup Anda mungkin tidak sebaik aslinya, dan kemungkinan besar pelanggan tidak begitu tertarik pada produk Anda karena itu bukan konsep baru. Cap Watkin, seorang desainer di Etsy, mengatakan: “Yang harus dibangun itu produk Anda, bukan produk orang lain.”

Menurutnya, produk paling sukses adalah produk yang dapat mengeksekusi visi yang sejalan dengan tujuan produk dan pelanggannya.

6. Mencoba mencari investor yang tepat
Dalam menjalankan misi menuju pengusaha yang sukses anda harus bisa menemukan investor yang tepat untuk bisnis anda. Sebuah startup akan sukses, jika seorang entrepreneur bisa bekerja dengan investor yang memiliki tujuan dan filosofi yang sama dengannya. Selain memberi dukungan penuh dalam finansial, Anda juga harus mencari seorang investor yang dapat memberi saran positif tentang bagaimana cara membuat perusahaan menjadi lebih terorganisir.

Itulah alasannya mengapa kita sebagai pengusaha yang menginginkan kesuksesan harus lebih bisa dengan bijak dalam mengambil pelajaran dari kegagalan yang pernah dialami oleh para pengusaha yang telah sukses, lalu berusaha menghindarinya kemudian menjalankan apa yang seharusnya dilakukan.

 

sumber

Share

Administrator

Konsultan hukum, notaris, pengacara, jasa pendirian usaha , jasa pengurusan perizinan 

KATEGORI