X
Menu

  CALL / WA 0812 9087 7291
X

10 Tokoh Dunia dalam perkembangan dunia IT

1. James Gosling
James Gosling O.C., Ph.D adalah seorang pengembang perangkat lunak. Terkenal sebagai bapak bahasa pemograman Java, Gosling lahir di dekat Calgary, Alberta, Kanada pada 19 Mei 1955. Java sendiri adalah bahasa pemrograman dan perangkat yang diciptakan oleh James Gosling dan teman-temannya pada tahun 1994. Java pada awalnya diberi nama Oak dan dikembangkan sebagai bagian dari Green Project di Perusahaan Sun. Penulisan Java dimulai pada Desember 1990. Patrick Naughton, Mike Sheridan dan James Gosling berusaha untuk mencari tahu “gelombang selanjutnya” dalam ilmu komputasi.
Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja milik James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak lain sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java).

2. Linus Benedict Torvalds

Linus Torvalds dilahirkan di Helsinki, Finlandia, pada tanggal 28 Desember 1969. Dalam usianya yang menginjak 10 tahun, Linus mulai berkecimpung di dalam pemograman komputer. Dengan menggunakan komputer milik kakeknya, Commodore VIC-20, komputing pun menjadi hobinya.
Pada tahun 1988 Linus diterima menjadi mahasiswa di University of Helsinki, Finlandia. Pada tahun 1990, Linus memulai kelas pemograman C pertamanya. Pada tahun 1991, Linus membeli PC pertamanya dan dia tidak puas dengan sistem operasi pada komputernya saat itu. Komputer miliknya ketika itu menggunakan MS-DOS (Disk Operation System, sistem operasi buatan Microsoft), tapi Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi UNIX, seperti yang digunakan pada komputer milik unversitasnya. Akhirnya, dia memutuskan untuk menciptakan versi yang bisa digunakan unuk PC dari UNIX. Kerja keras selama berbulan-bulan menghasilkan cikal bakal dari sistem operasi yang dikenal sebagai Linux, yang delapan tahun kemudian dikembangkan menjadi apa yang dikatakan oleh banyak pengamat sebagai ancaman bagi raksasa Microsoft yang sangat terkenal dengan sistem operasi Windowsnya.

3. William Nelson Joy

 

Bill menerima gelar B.S.E.E (Bachelor of Science Electrical Engineering) dari University of Michigan di tahun 1975. Kemudian ia melanjutkan pendidikan ke University of California Barkeley, dimana ia mendapat gelar Master of Science di bidang Electrical Engineering and Computer Science. Disana pula, selama beberapa tahun ia menjadi ketua desainer Unix versi Barkley (BSD). Kemudian pria yang akrab disapa Bill ini beserta grupnya mendapat dukungan dari DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) untuk melanjutkan proyek tersebut. Proyek ini kemudian menjadi tulang punggung dari konsep “open source”.
4. Adam Osborne

 

Adam Osborne dilahirkan di Thailand pada tahun 1939, dan menghabiskan masa kanak-kanaknya di Tamil Nadu, India selatan, bersama kedua orang tuanya yang berkebangsaan Inggris. Osborne pindah ke Inggris pada usianya yang ke 11 tahun, dan pada tahun 1961 ia lulus dari Universitas Birmingham sebagai sarjana muda di bidang teknik kimia. Setelah pindah ke Amerika, dia menyelesaikan pendidikannya di Universitas Delaware sebagai Ph.D di bidang teknik kimia, dan cepat mendapatkan pekerjaan di Shell Oil. Adam Osborne sendiri adalah salah seorang pemegang peranan penting dan berpengaruh dalam sejarah awal PC.

5. Dennis Mc Allistair Ritchie

Dennis Mc Allistair Ritchie bersama rekannya, Ken Thompson, berhasil membuat bahasa yang paling terkenal di dunia komputer menyaingi bahasa inggris di dunia real. Bahasa itu adalah bahasa C.

Dennis M Ritchie lahir ditengah perang dunia ke-2 pada tanggal 9 September 1941 di Bronxville NewYork. Lulus dari Harvard tahun 1963 dalam bidang Fisika dan melanjutkan pendidikan di Harvard hingga meraih gelar Ph.D di bidang Matematika. Perlu diketahui pula bahwa orang jenius dalam bidang “science” biasanya menyukai matematika.

6. Lawrence Larry Ellison

Lawrence Joseph “Larry” Ellison lahir pada 17 Agustus 1944. Adalah seorang tokoh bisnis Amerika, pendiri dan CEO Oracle Corporation yang merupakan salah satu perusahaan perangkat lunak database terbesar di dunia. Bisa dibilang Larry Ellison-lah yang membuat Oracle menjadi sebuah konsep Relational Database System yang dibutuhkan oleh berbagai industri di dunia seperti saat ini. Mulai menciptakan konsep database pada 1970, 40 tahun kemudian konsep yang ia kemukakan telah menjadi sebuah sendi penting dari industri-industri dunia serta berbagai macam bisnis yang ada pada saat ini. Pada 2011 ia adalah orang kelima terkaya di dunia versi Forbes, dengan kekayaan pribadi mencapai $ 39.500.000.000,-.

Ellison lulus dari Eugene Field Elementary School, Sekolah Dasar di sisi utara Chicago pada bulan Januari 1958 dan melanjutkan ke Sullivan High School setidaknya sampai musim gugur tahun 1959 sebelum pindah ke South Shore. Ellison dibesarkan di sebuah apartemen dengan dua kamar tidur di Chicago Selatan di lingkungan Yahudi kelas menengah. Ellison mengingat ibu angkatnya sebagai pribadi yang hangat dan penuh kasih, berbeda dengan sifat keras yang dia warisi dari ayah angkatnya, seorang Yahudi Rusia dari Krimea yang mengadopsi nama Ellison untuk menghormati pulau dimana ia masuk ke Amerika Serikat, Ellis Island. Louis, ayah angkatnya, adalah seorang pegawai pemerintah sederhana yang mencari sebuah keberuntungan kecil di Chicago real estat, hanya untuk menghilangkan selama depresi yang dialaminya.

Ellison adalah seorang mahasiswa cerdas namun lalai. Dia meninggalkan University of Illinois di Urbana-Champaign pada akhir tahun kedua, setelah tidak mengambil ujian akhir angkatnya karena ibu angkatnya baru saja meninggal. Setelah menghabiskan musim panas di California Utara, di mana ia tinggal dengan temannya Chuck Weiss, ia masuk University of Chicago selama satu periode, di mana ia pertama kali bertemu dan merancang komputer. Pada tahun 1964, pada usia 20 tahun, ia pindah ke California utara secara permanen. Selama tahun 1970, setelah bertugas sebentar di Amdahl Corporation, Ellison bekerja untuk Ampex Corporation. Salah satu proyeknya adalah database untuk CIA, yang ia beri nama “Oracle”.

7. Steve Jobs

Steven Paul “Steve” Jobs lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955. Ia meninggal di Palo Alto, California, Amerika Serikat, 5 Oktober 2011 pada umur 56 tahun. Ia adalah seorang tokoh bisnis dan penemu dari Amerika Serikat. Ia adalah pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc. Jobs juga sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios, ia menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006, setelah pengambilan alih Pixar oleh Disney. Namanya dicantumkan sebagai produser eksekutif dalam film Toy Story tahun 1995.

Pada akhir 1970-an, Jobs, bersama pendiri pendamping Apple Steve Wozniak, Mike Markkula, dan lainnya, merancang, mengembangkan dan memasarkan salah satu jajaran komputer pribadi pertama yang sukses secara komersial, yaitu seri Apple II. Pada awal 1980-an, Jobs termasuk orang-orang yang pertama kali melihat potensi komersial dari antarmuka pengguna grafis yang digerakkan tetikus PARC Xerox yang kemudian mendorong pembuatan Macintosh. Setelah kalah melawan keputusan dewan direktur tahun 1984, Jobs mengundurkan diri dari Apple dan mendirikan NeXT, sebuah perusahaan pengembangan platform komputer yang berkecimpung dalam pasar pendidikan tinggi dan bisnis. Pembelian NeXT oleh Apple pada tahun 1996 membawa kembali Jobs ke perusahaan yang ia dirikan bersama rekannya. Ia menjabat sebagai CEO-nya sejak 1997 hingga akhirnya meninggal pada tahun 2011.

8. Stephen Wozniak

Stephen Wozniak lahir di San Jose, California, Amerika Serikat pada tanggal 11 Agustus 1950. Wozniak adalah pendiri Apple Computer (dengan Steve Jobs). Ia dianggap sebagai pelopor dari masuknya komputer ke dalam kehidupan rumah pribadi. Walaupun kontribusinya hanya dalam bentuk kumpulan ide-ide jitu yang secara tidak sengaja bersamaan dengan siapnya teknologi untuk pembuatan komputer massal, kecerdasan dan kreatifitasnya yang tak terbatas membuat dia menjadi orang yang tepat untuk diakui sebagai pemrakarsa revolusi komputer pribadi. Wozniak menciptakan Apple II, komputer pribadi terakhir yang benar-benar didisain oleh satu orang saja. Dan pada bulan Januari 2007, ia meluncurkan buku iWoz (ISBN 0393061444) yang berisi perjalanan hidup dan kariernya.

9. Bill Atkinson


Masih terkait dengan Apple, bagi anda para penggemar Apple tentu akan sangat sayang bila tidak mengenal tokoh yang satu ini. Beliau adalah Bill Atkinson, programer jenius dibalik QuickDraw, MacPaint dan HyperCard. Bill Atkinson juga merupakan anggota tim Macintosh di Apple Computer. Sebagai salah seorang arsitek software di Macintosh, Bill juga seorang menjadi pionir dalam teknik pencetakan digital dan ahli dalam color manajement Bill telah mengembangkan profil ICC untuk Calypso Imaging Inc.

10. Bill Gates

William Henry Gates III atau lebih dikenal dengan nama Bill Gates dilahirkan pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Bill Gates adalah adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya William Henry Gates adalah seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota. Sedangkan ibunya Mary Maxwell seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way.

Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman komputer, dan bersama dengan para hacker yang belajar sendiri di Lakeside, dia melewatkan waktu berjam-jam menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer. “Dia adalah seorang eksentrik,” sebagaimana salah seorang guru memberikan Gates julukan itu. Bill Gates menempuh kuliah di Harvard University di Cambridge mulai tahun 1975. Di sana ia bertemu dengan Paul Allen sewaktu sekolah bersama-sama. Bersama Paul Allen, Bill Gates terus mengembangkan talentanya di bidang pemograman komputer. Namun, Bill gates memutuskan keluar (drop out) untuk menyumbangkan waktunya ke Microsoft.

Melalui usaha kerasnya, perusahaan yang ia dirikan yang bernama Microsoft Corporation menjadi sukses dan Bill Gates melambung menjadi seorang jutawan. Di tahun 1990 Bill Gates sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia.

butuh jasa pengurusan perizinan PT , CV , PT PMA , SIUP , TDP , pendirian koperasi ?
hubungi :

pin BBM : 235F8BA6
hallo : 08111086915
Simpati : 082129737777
xl : 081808910704

Share

Administrator

Konsultan hukum, notaris, pengacara, jasa pendirian usaha , jasa pengurusan perizinan 

KATEGORI