X
Menu

  CALL / WA 0812 9087 7291
X

Tips membuat rencana bisnis sederhana bagi pemula

Tips membuat rencana bisnis sederhana bagi pemula

Berikut ini adalah tips dalam membuat rencana bisnis sederhana, khusus bagi Anda para pebisnis pemula.

  1. Lihat setiap potensi dari usaha Anda
    Salah satu aspek penting dari rencana bisnis adalah mengembangkan potensi dari usaha Anda. Meski Anda pebisnis pemula, tentu Anda bisa gambarkan apa yang Anda miliki, kemungkinan-kemungkinan yang bisa usaha Anda capai. Pasar-pasar mana yang belum Anda cakup.
  2. Lihat impact dari usaha Anda
    Kerapkali Anda mengabaikan sisi ini dalam membuat rencana bisnis. Yang terjadi dikemudian hari, Anda akan terbentur masalah akibat dari persoalan ini. Setiap bisnis sekecil apapun bisa saja memunculkan akibat negatif dan tentu saja positif bagi lingkungannya. Amati dan cari au, lalu sikapi situasi ini dalam perencanaan Anda
  3. Lihat keuangan perusahaan
    Ini juga sisi yang sangat krusial bagi sebuah usaha. Dengan melihat sisi ini, Anda memang sedang membuat perencanaan bukan sekedar mimpi. Pastikan keuangan Anda mampu menopang rencana Anda, pastikan Anda punya rencana pengembangan modal yang tepat untuk usaha Anda. Jangn lupa Anda juag perlu berhitung tingkat pengembalian modal dari investasi Anda dalam usaha ini.
  4. Catat semua rencana bisnis Anda
    Bukan rencana kalau bukan dalam bentuk data. Itu namanya khayalan. Rencana harus berupa gambaran secara tertulis lengkap dengan segala asumsi dan prediksi dan perhitungannya. Karenanya jika merasa memiliki keterbatasan dalam hal ini, libatkan karyawan Anda untuk menjadi pihak ketiga pencatatan rencana bisnis ini. Ini hal yang sangat wajar bagi pebisnis pemula.
  5. Terbuka terbatas untuk karyawan
    Saya tadi menyarankan Anda melibatkan karyawan dalam rencana bisnis, tapi bukan berarti seluruh karyawan bebas mengaksesnya. Meski Anda pebisnis pemula bukan tidak mungkin Anda punya ide segar yang orisinal. Dengan membuka rencana bisnis Anda terlalu lebar, Anda bisa saja membuka peluang ide orisinal Anda dicuri pesaing lain.
  6. Test rencana bisnis Anda
    Jangan Anda yang pebisnis pemula, mereka yang sudah lebih ekspert saja juga menerapkan hal ini dalam rencana bisnis mereka. Karena rencana lebih bersifat prediksi dan gambaran. Jadi Anda butuh fakta nyata kalau rencana Anda bisa bekerja.

sumber : http://danausaha.net/tips-membuat-rencana-bisnis-bagi-pebisnis-pemula.html

Share

Administrator

Konsultan hukum, notaris, pengacara, jasa pendirian usaha , jasa pengurusan perizinan 

KATEGORI