X
Menu

  CALL / WA 0812 9087 7291
X

Mengenal apa itu investor

Mengenal apa itu investor

Apakah yang dimaksud investor?

investor adalah pihak yang melakukan pembelian atau penjualan efek di bursa efek.

Apakah semua orang bisa menjadi investor?

ya, semua orang, baik perorangan indonesia atau asing maupun badan hukum indonesia atau asing, yang memiliki kemampuan untuk membeli dan menjual efek bisa menjadi investor.

Apakah harus pintar untuk menjadi investor?

tidak perlu. meskipun demikian, bukan berarti tidak diperlukan pengetahuan untuk menjadi investor. sebenarnya cukup mudah untuk menjadi investor, yang paling penting adalah memilki pengetahuan tentang investasi. di antaranya memahami karakteristik efek yang akan dibeli, mekanisme transakasi, cara melakukan oreder beli dan jual dan beberapa peraturan yang penting.

Apa pentingnya mengetahui seluk beluk investasi?

yang paling penting adalah menghindarkan diri dari tindak pnipuan. barang kali sudah sering kita mendengar adanya orang orang yang tertipu ketika melakukaninvestasi. yang paling sederhana adalah tenaga pemasar suatu perusahaan investasi menawarkan produk investasi dengan mengiming imingi penghasilan yang tinggi itu, tanpa memperhatikan resikonya. akhirnya, kita menyetorkan uang untuk investasi, tapi uang tersebut tidak diinvestasikan seperti ditawarkan, melinkan dibawa kabur entah ke mana.

Adakah cara mudah untuk mendeteksi kemungkinan penipuan?

ada. yang pertama, jika penghasilan investasi yang ditawarkan terlalu tinggi, jauh di atas penghasilan pasar itu sudah mengindikasikan kemungkinan tawaran itu hanya bermaksud menarik investor agar segera menyetorkan uangnya untuk berinvestasi. ingat! sebenarnya sangat langka suatu produk investasi mampu memberikan penghasilan jauh di atas penghasilan rata rata pasar. yang kedua, tanyakan resiko apa saja yang menyertai penghasilan yang tinggi itu. rumus di dunia investasi adalah, penghasilan yang tinggi selalu disertai resiko yang tinggi. nah, kalau jawaban pertanyaan itu ternyata resikonya rendah, atau malah di marketing mengatakan tidak ada resikonya rendah, atau malah di marketing mengatakan tidak ada rsiko sama sekali, ini mengindikasikan produk investasi itu tidak layak untuk dibeli.

Apakah perlu kaya untuk menjadi investor?

tidak perlu kaya untuk menjadi investor. sebab berinvestasi bisa dilakukan dengan modal kecil. jika satu lembar saham harganya Rp25, maka untuk berinvestasi satu lot hanya membutuhkan Rp12.500. dengan modal sebesar itu anda sudah bisa memulai investasi. memang sih, untuk mendaftar menjadi investor di suatu perusahaan broker, setoran awal berbeda beda. tapi kalau anda punya uang Rp5 juta saja, sudah lebih dari cukup untuk menjadi investor.

Apakah anak muda boleh menjadi investor?

sangat boleh! justru kalau memungkinkan kita memulai investasi sedini mungkin, yaitu ketika kita masih berusia muda. tentu saja setelah memilki kartu tanda penduduk (KTP). sebab salah satu syarat untuk bisa membuka rekening di perusahaan pialang adalah kepemilikan KTP tersebut. jadi untuk memulai investasi, minimal kita harus berusia 17 tahun. batas umur yang diwajibkan memiliki KTP. dengan demikian, kita bisa memulai investai sejak SMA. tentu kalau pada umur tersebut kita sudah memiliki uang sendiri, atau kita sengaja menabung untuk melakukan investasi.

sumber

Share

Administrator

Konsultan hukum, notaris, pengacara, jasa pendirian usaha , jasa pengurusan perizinan 

KATEGORI