X
Menu

  CALL / WA 0812 9087 7291
X

Perencanaan bisnis & strategi bisnis yang tepat

Perencanaan bisnis & strategi bisnis yang tepat

Bisnis yang sukses tidak berdiri tanpa ada perencanaan yang matang sebelumnya. Contoh perencanaan bisnis sangatlah diperlukan untuk menentukan langkah dan fokus yang tepat dalam bisnis Anda. Perencanaan ini tidak sekadar berisi ide yang meyakinkan, tetapi juga memuat informasi lengkap beserta tips kesuksesan bisnis Anda. Perencanaan untuk bisnis besar kemungkinan besar memang membutuhkan bantuan dari para profesional. Namun, untuk usaha yang tergolong sederhana, Anda dapat menerapkan beberapa saran berikut ini.

Strategi dan Contoh Perencanaan Bisnis yang Tepat
Contoh perencanaan bisnis dimulai dari cover letter yang terdiri dari nama bisnis, alamat, tanggal, beberapa nomor penting, dan juga email. Perbarui tanggal secara berkala setiap Anda membuat perubahan rencana. Selanjutnya, buat strategi pemasaran yang jitu. Hal ini mencakup menentukan target konsumen yang dituju dan siapa saja yang menjadi pesaing dalam bisnis tersebut. Setelah itu, Anda dapat merencanakan bagaimana Anda akan mengelola bisnis tersebut. Belajarlah dari berbagai pengalaman bisnis yang pernah Anda ketahui untuk dapat mengasah kemampuan dan keahlian Anda sendiri. Jangan lupa selalu mempersiapkan alternatif untuk mengantisipasi kendala yang mungkin terjadi.
Perencanaan keuangan merupakan persiapan pokok untuk menghindari kerugian. Buat anggaran yang berisikan perincian biaya dan tujuan penggunaan, serta mempersiapkan sistem akuntansi. Jangan membuat prediksi yang tidak realistis, inilah mengapa Anda hendaknya menguasai matematika dengan baik. Jika perlu, bekerja samalah bersama seseorang yang bisa membantu Anda dalam hal ini. Teliti dengan angka dan dokumentasikan secara lengkap. Selain dari saran di atas, perhatikan juga poin penting berikut ini.

– Kenali Tugas Anda dan Partner Kerja
Anda tentu harus mengetahui apa yang sudah menjadi kewajiban Anda. Misalnya, jika Anda harus melakukan penelitian terlebih dahulu, maka buatlah rencana kerja yang teliti dan rapi. Kemudian, Sesuaikan pula perencanaan yang Anda buat dengan partner kerja Anda jika memang ada. Ini sangat penting agar tidak terjadi kesalahpahaman dan berakhir pada kerugian bahkan kegagalan bisnis.

– Perincian yang lengkap
Contoh perencanaan bisnis yang matang meliputi rincian yang lengkap, misalnya dengan membuat tabel ilustrasi untuk kawasan bisnis, persaingan, dan strategi pemasaran. Pastikan setiap detail dijelaskan secara akurat, termasuk dalam urusan ejaan. Oleh sebab itu, sebuah bisnis hendaknya menggunakan penulis yang profesional.

– Investasi
Saat ini, sudah banyak investor yang lebih memilih untuk menanamkan modal mereka pada bisnis ketimbang menyimpannya di bank. Oleh sebab itu, manfaatkanlah peluang ini sebaik-baiknya untuk mengembangkan bisnis Anda. Jadi, pikirkan materi bisnis yang memang dapat menarik perhatian para investor.

– Meneliti Masalah
Contoh perencanaan bisnis juga tidak terlepas dari berbagai masalah yang harus diteliti dengan saksama. Contohnya, mengamati persaingan yang dihadapi untuk menemukan cara bijaksana mengatasinya. Jadi, persiapkan strategi-strategi yang jitu dan rencana cadangan untuk mengatasi berbagai kemungkinan buruk.

Ya, setelah mempersiapkan hal-hal penting di atas, jangan lupa untuk meninjau ulang apakah contoh perencanaan bisnis tersebut sudah benar-benar maksimal, termasuk masalah perizinan. Sebaiknya, Anda banyak menggali pengalaman dan saran dari orang yang sudah sukses dalam berbisnis. Jadi, Anda tidak sekadar mempertimbangkan keputusan Anda sendiri, tetapi juga memikirkan beberapa aspek yang disarankan oleh orang lain. Masukan yang membangun harus dipertimbangkan. Meskipun demikian, jangan sembarangan mendengar berbagai omongan orang lain yang justru dapat menjatuhkan Anda atau pula yang bertujuan untuk menurunkan kepercayaan diri Anda dalam membuka usaha. Dengan persiapan yang matang dan maksimal, disertai tekad dan usaha yang kuat, maka Anda bisa yakin bahwa bisnis tersebut dapat berlangsung dengan baik. Lagipula, tidak ada yang dimulai dengan sempurna. Kesalahan-kesalahan kecil dalam berbisnis adalah hal biasa dan dapat dijadikan batu loncatan.

 

sumber : https://agungkurniawan96.wordpress.com/2013/05/02/contoh-perencanaan-bisnis-strategi-memulainya/

Share

Administrator

Konsultan hukum, notaris, pengacara, jasa pendirian usaha , jasa pengurusan perizinan 

KATEGORI